Senin, 06 Februari 2023

MANFAAT BERMAIN JUAL BELI UNTUK ANAK USIA DINI

 


Manfaat Bermain jual beli untuk Anak Usia Dini

Bermain jual beli adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

Tema pembelajaran di PAUD TERPADU AL-MAHRUS Minggu ini yaitu Imajinasi dan kreativitasku"

Maka sebagai puncak tema kita mengadakan kegiatan bersama yaitu berdagang /jual beli Jasuke dan salad buah.

Pada kegiatan ini yang ingin dicapai diantaranya yaitu mengetahui mata uang, ukuran serta tata cara jual beli.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi pendidikan karakter anak

Pada kegiatan ini anak-anak memulai dari proses awal pembuatan jasuke maupun salad buah sampai pada praktek jual belinya.

Jasuke, pembuatannya diawali dari menggerus jagung, mengukus, meletakkan kedalam wadah dan pencampuran susu.

Sedang proses pembuatan salad yaitu  dari mulai mencuci, mengu pas, memotong, meletakkan ke wadah.

Dari kegiatan ini ada beberapa manfaat bermain jual beli untuk Anak, salah satunya yaitu dapat Melatih Problem Solving.

Kita tentu tahu bahwa bermain peran memiliki banyak manfaat untuk anak usia dini. Bermain peran ini banyak jenisnya diantara bermain peran berdagang. Bermain peran akan membuat anak-anak belajar tentang aktivitas dan situasi di dunia nyata nantinya.

Bermain peran, termasuk berdagang, dapat membangun kepercayaan diri anak  jika dihadapkan pada situasi seperti itu di kemudian hari.

Ternyata, masih banyak lagi manfaat bermain peran berdagang bagi anak, diantaranya :

✔ Mengajarkan Dasar-dasar tentang Keuangan

Di era sekarang ini, kita memang sudah hidup di dunia mata uang virtual dan transaksi keuangan yang begitu cepat karena traksaksi banyak dilakukan secara digitalisasi.

Anak-anak tidak mungkin belajar dan memahami bagaimana keuangan, bagaimana bentuknya uang tersebut jika mereka tidak memahami konsep dasar uang tunai. Oleh sebab itu, bermain jual beli akan memperkenalkan mereka pada tahapan pertama transaksi pertukaran uang dan barang, lagi pula dunia anak dalam mengenal benda  harus dimulai  dari konkrit ke Abstrak.

✔ Belajar Mengambil Keputusan secara mandiri

Meski masih kecil, belajar untuk mengambil keputusan adalah hal yang penting. Jangan biarkan anak merasa kesulitan dalam berpikir dan menentukan pilihan agar tidak selalu bergantung pada orang lain.

Latihlah mereka untuk berani menentukan pilihan dari hal yang sederhana, misalnya apa yang mau mereka beli hari ini dan berapa yang mereka beli. Meski terlihat sederhana hal ini akan berpengaruh bagi kehidupan mereka saat ini dan di masa yang akan datang.

✔ Belajar secara langsung Matematika Dasar

Kemampuan untuk melakukan matematika cepat sangat berguna dalam kehidupan dan bisnis.

Bermain jual beli dengan anak merupakan sebuah momen untuk mengajarkan mereka matematika dasar seperti penambahan dan pengurangan, seperti bentuk, ukuran, banyak dan sedikit.

✔ Melatih Komunikasi secara aktif

Disaat bermain jual beli tentu  akan terjadi interaksi dengan mereka. Hal inilah yang akan membuat mereka terbiasa untuk belajar bagaimana berkomunikasi aktif secara lebih jelas dan lancar.

Mereka juga akan dengan perlahan belajar mendeskripsikan sesuatu yang ingin mereka beli atau yang mereka tawarkan.

✔ Mengasah Kreativitas kognitif

Proses belajar seorang anak tentu dimulai dari bagaimana mereka mampu berimajinasi. Saat bermain jual-jualan, daya imajinasi seorang anak akan sangat terlatih. Mereka akan berimajinasi apa yang sedang mereka jual atau apa yang ingin mereka beli.

✔ Cermat Dalam Memilih 

Pada saat bermain peran tadi ada dua jenis makanan yang diperjual belikan yaitu jasuke dan salad. Dari situ mereka memilih apa yang akan mereka beli.

Hal ini mengajarkan mereka bagaimana lebih cermat dalam memilih dan mempertimbangkan sesuatu.

Saat bermain jual beli, anak-anak akan langsung belajar memilih barang yang baik untuk dibeli. Bukan hanya itu, saat menjadi penjual mereka juga akan berusaha agar selalu mendapatkan untung.

Mulailah dengan hal yang sederhana saja, seperti dengan bermain jual beli seperti di pasar, atau jual beli makanan layaknya di restoran. Gali mimpi mereka sejak usia dini.

“Bila anak mempunyai potensi bawaan kecerdasan dan dirangsang terus-menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan dan jenis yang bervariasi, maka ia akan mempunyai banyak bentuk kecerdasan,” (dr. Soedjatmiko)

Meski memiliki banyak manfaat, bermain pasar-pasaran dan jual beli bukanlah satu-satunya cara untuk mengajarkan anak tentang matematika dan keuangan, masih banyak jenis bermain peran yang dapat menstimulus anak untuk mengasah kemampuannya tentang matematika dasar.

Masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan, sehingga saat permainan ini terasa sulit bagi anak masih bisa mencari jenis permainan lain.






Tidak ada komentar: