Senin, 01 April 2024



ROMADHON KIDS

"INDAHNYA BERBAGI"

 PAUD TERPADU AL-MAHRUS  Arjasa Kabupaten Jember mengadakan kegiatan Romadhon Kids selama tiga hari yaitu mulai hari Kamis 28 s/d  Sabtu 30 Maret 2024/ 17- 18 Romadhon 1445 H.Dengan mengusung Tema "Indahnya Berbagi"


Pada kegiatan ini ada 3 kegiatan inti yaitu penanaman pentingnya berbagi dengan nonton bareng, berbagi Ta'jil dan membagikan Zakat Fitrah.

Selama 3 hari Romadhon Kids disamping kegiatan berbagi juga selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan diantaranya yaitu hafalan surat2 pendek, doa sehari2,Asmaul Husna, sholat berjama'ah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Selain kegiatan para siswa para wali murid juga ada kegiatan istighosah dan makan bersama.



Pada hari pertama para siswa diberi pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya berbagi.Dan pada kegiatan ini para siswa menonton Vidio tentang pentingnya berbagi dan setelah itu mereka diminta untuk mereviu dan menceritakan ulang  isi vidio tsb serta dilakukan tanya jawab tentang apa yang selama ini telah dilakukan oleh para siswa kaitannya dengan berbagi.

Dari tanya jawab tersebut dapat disimpulkan bahwa mayoritas dari siswa ternyata sudah terbiasa berbagi misal berbagi makanan



Pada hari kedua yaitu berbagi Ta'jil.

Pada kegiatan berbagi Ta'jil ini kita  membagikan takjil buka puasa sebanyak 300 paket berupa minuman.

Takjil tersebut dibagikan di dua titik, yaitu di dekat jalan masuk ke lembaga Al-mahrus tepat di jalan Suprayitno Arjasa di sebelah kanan dan kiri jalan.

Tampak para siswa,dewan guru dan wali murid dengan ramah membagikan takjil kepada setiap pengendara yang lewat di jalan Suprayitno.


 Bagi-bagi takjil tersebut merupakan hasil kolaborasi antara lembaga PAUD TERPADU AL-MAHRUS dengan para wali murid.

Ternyata kolaborasi sungguh menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat.Lembaga memberi kesempatan kepada para wali murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembagian Ta'jil agar semakin terjadi sinkronisasi dalam mengajarkan para siswa untuk mempunyai karakter mau berbagi dengan sesama.




Pada hari ketiga yaitu pembagian Zakat Fitrah. Zakat yang ada berasal dari Zakatnya para siswa dan sebagian dari keluarganya.

Pada kegiatan berbagi Zakat Fitrah tahun ini kita bagi pada empat Zona yaitu daerah sebelah Timur, Barat,selatan dan Utara dari Lemba ga. Sasaran yang dituju yaitu para dua'fa dan janda lansia.Barang yang diberikan yaitu berupa Beras,mie instan dan uang Para siswa lang sung memberikan kepada yang ber hak sedang para guru hanya men dampingi saja.




Kepala PAUD TERPADU AL-MAHRUS BPK Qudsi Amin, M.Pd disaat ditanya apa yang diharapkan dari kegiatan ini beliau menjawab :

“Tujuannya dalam rangka menanam kan kesenangan, kecintaan dan agar anak-anak selalu kangen dengan bulan Romadhon dan mere ka merasakan bahwa bulan Roma dhan adalah bulan kegembiraan. Beliau juga mengatakan "bahwa tujuan Romadhan kids juga untuk mengajari para siswa untuk gemar berbagi dengan sesama sejak dini. Sekaligus untuk menyemarakkan bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah,” 







Tidak ada komentar: