Senin, 22 Juni 2020

PENTINGNYA BAHASA IBU BAGI AUD

PAUD AL-MAHRUS

PENTINGNYA BAHASA IBU BAGI AUD DISAAT HARUS BELAJAR DI RUMAHAJA

Dimasa pandemi C-19 dimana anak-anak diharuskan untuk bela jar dirumahaja bersama orangtua, disini peran bahasa ibu akan sangat nampak apalagi bagi para orang tua yang terbiasa berkomu nikasi menggunakakan bahasa daerah. Mereka akan merasa lebih mudah dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada anak-anak nya dengan menggunakan bahasa daerah mereka karena merupa kan bahasa ibu yang dipelajari sejak dini.


Banyak psikolog dan guru sepakat bahwa anak akan bisa belajar  dan memiliki pengetahuan lebih ketika dia diajarkan bahasa ibu. Dalam bahasa daerah, pelajaran yang sulit bisa dijelaskan dengan perumpamaan dan penjelasan sesederhana mungkin sehingga anak bisa memahaminya tanpa mengalami banyak kesulitan.


Mengajari anak berbahasa daerah juga akan membantu tumbuh kem bang intelektualitasnya menjadi le bih baik, membantu tumbuh kem bang sosial emosional anak, mem perkaya kosakata dan wawasan ba hasa anak. 
Dia akan tahu seluk beluk daerah nya, tahu musik atau nyanyian daerah yang dapat membantu tum buh kembang emosionalnya. Anak juga akan jadi lebih menghargai dan mencintai warisan budaya daerah asal orangtuanya.

Manfaat lain dari mengajari anak bahasa ibu dari daerah asal orang tuanya, juga memudahkan anak bergaul dengan anggota keluarga yang lebih tua. Misalnya dengan kakek dan neneknya. Tentu saja nenek dan kakeknya akan sangat senang jika sang cucu bisa berko munikasi dengan dirinya menggu nakan bahasa daerah asli dia bera sal dan bisa menyanyikan lagu-la gu daerah yang dinyanyikan sang nenek atau kakek di masa kecil.


Kita menyadari pentingnya menga jari anak bahasa daerah.  Agar me reka juga merasa bangga terhadap asal usulnya.

Dan ternyata memahami bahasa daerah juga dibutuhkan oleh guru di sekolah khususnya di PAUD disa at anak-anak sulit memahami pen jelasan guru dengan bahasa Nasio nal kita,khususnya dimasa pande mi yang menggunakan metode daring dengan VC,  maka ketika dijelaskan dengan bahasa ibu mereka langsung tanggap khususnya bagi AUD yang dirumahnya biasa berkomunikasi dengan bahasa ibu. 





Cintailah bahasa ibu niscaya akan menambah rasa cinta kita pada keluarga. 

Semoga bermanfaat,  Amin
Jember,Juni 2020

Tidak ada komentar: