Parenting dimasa pandemi,
Dalam rangka untuk menyamakan persepsi dan mengkolaborasikan tentang
pelaksanaan KBM antara guru, orang tua dan murid di masa pandemi agar siswa
tetap bisa belajar dengan kreatif maka PAUD TERPADU AL-MAHRUS mengadakan
Parenting dengan tetap mengikuti protokol kesehatan C-19 yaitu bermasker, cek
suhu,cuci tangan sebelum masuk halaman sekolah serta jaga jarak saat berada
diruangan,yang dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan untuk menemukan
solusi diantara beberapa tantangan (baca:kendala) kopdiantaranya :
1.Parenting menyamakan persepsi
Kegiatan Belajar Bersama Orang Tua di Masa pandemi covid 19
Di lembaga kami ,kegiatan Parenting Awal tahun biasanya di lakukan
pada saat awal masuk sekolah ,dengan tujuan untuk menyamakan persepsi antara
wali murid baru dengan guru tentang gambaran Kegiatan belajar mengajar
yang akan di laksanakan di lembaga Paud Terpadu Al-Mahrus seperti kegiatan
yang berupa pembiasan keagamaan , yang di lakukan setiap hari di
sekolah Misal :Sholat Dhuha,membaca surat-surat pendek,doa sehari-hari
,dan lain-lain ataupun kegiatan yg sesuai dengan kurikulum pendidikan
dan juga pembiasaan dalam pembentukan karakter anak serta metode
pembelajaran yang diterapkan di lembaga .
Dan Untuk tahun ini
Kegiatan Parenting Awal Tahun Ajaran 2020/2021 ini sedikit berbeda di
karenakan pandemi covid 19 yaitu di lakukan sebelum awal tahun ajaran masuk
di mulai di karnakan metode pembelajarannya yang akan di
laksanakan berbeda seperti biasanya yaitu
daring/pembelajaran jarak jauh di mana anak akan belajar dari
rumah bersama wali murid .
Tentu setiap metode ada kelebihan dan kekurangannya, termasuk pembelajaran
daring dan belajar di rumah saja, Namun diyakini semenjak pembelajaran
berbasis online dilaksanakan, banyak orang tua lebih memahami tantangan
menjadi seorang guru khususnya anak usia dini. Kesabaran dan ketelatenan
yang menjadi landasan guru AUD akan menjadi Pembelajaran bagi wali murid dalam mendampingi putra putrinya selama masa
pandemi.
Sisi positifnya adalah, para orang tua jadi lebih dekat secara emosional
dengan anak. Karena harus senantiasa berkolaborasi dalam merampungkan bahan
belajar di rumah. Juga lebih memahami apa yang menjadi minat dan bakat anak
dalam belajar.
2. Kalaborasu Guru, orang tua dan murid dimasa pandemi covid 19.
Krisis covid 19 menghadirkan hikmah serta pembelajaran yang bermakna
termasuk disekolah kami Paud Terpadu Al Mahrus. Diantaranya tentang
pentingnya keluarga. Karena dirumah dengan keluarga dan menyadari itu
adalah unit terpenting dari kita. Di masa krisis covid 19 juga menjadi
blessing in disguise, dengan terwujudnya gotong royong guru, orang tua dan
murid dapat mewujudkan pembelajaran yang maksimal.
Sekarang dirumah rumah yang mengajar bukan hanya guru dan murid, dimasa
seperti ini mengajar membutuhkan kombinasi guru, murid dan orang tua.
Dalam hal ini dapat kita mengerti peran orangtua yang baik dalam
pendidikan dapat menjadikan anak sukses meraih tumbuh kembang yang
optimal.
Seperti yang sudah menjadi pembiasaan di sekolah kami Paud Terpadu Al
Mahrus seperti pembiasaan solat dhuha, surat surat pendek, mengaji,
pembacaan sholawat nabi, menyanyi lagu lagu islami tanpa meninggalkan
akademis. Pada saat masa pandemik covid 19 guru tetap membuat RPPH yang
dikirim ke orangtua lalu orangtua yang mengajarkan ke anaknya. Peran
guru dan orangtua sangat besar terhadap proses tumbuh kembang anak.
Dirumah orangtua harus selalu mengasah dan belajar bermain bersama anak
agar daparmt meningkatkan mutu pendidikan.
Semoga kaloborasi yang baik seperti ini tetap bisa terjalin antara guru
orang tua dan murid supaya mempertahankan pembelajaran yang menyenangkan
disekolah maupun dirumah.
Semoga masa pandemi ini segera berakhir, sehingga tercipta keadaan yang
benar-benar normal untuk sistem pembelajaran AUD.
3. Belajar tetap kreatif dimasa pandemi
Dengan adanya pandemi C-19 ini sebagai seorang guru kita dituntut utk
lebih kreatif dalam menerapkan setiap metode pembelajaran baik itu secara
daring maupun luring, hal ini utk menghindari rasa jenuh para anak
didik. Maka dari itu guru dituntut untuk lebih banyak berkreasi dan
berinovasi serta bervariasi dalam mengajar spt membuat vidio-vidio ttg
pembelajaran. Selain itu belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan
kecakapan hidup melalui pembiasaan-pembiasaan seperti membantu pekerjaan
rumah. Aktivitas dan tugas pembelajaran dari rumah dapat bervariasi, sesuai
minat dan bakat anak usia dini yaitu belajar dengan bermain.
Selain melalui daring Paud Al-mahrus juga melakukan pembelajaran dengan
metode Luring (offline) yaitu home visit.
Guru memberikan materi berupa tugas kepada anak didik kemudian dilaksanakan
dirumah dengan pendampingan orangtua. kalau dulu buku paket hanya boleh
dipakai di sekolah, maka pada saat sekarang, itu harus dipinjamkan kepada
anak didik agar bisa dipelajari di rumah bersama orang tua.
Kemudian guru nanti setiap saat entah melalui orang tuanya, melalui
kunjungan ke rumah atau kunjungan ke kelompok-kelompok kecil, itulah yang
nantinya harus disiapkan oleh para pendidik. Jadi ini pilihan,
bagaimana guru sebisa mungkin tidak memberatkan
terhadap anak didik dalam memberikan tugas, yang terpenting KBM dibuat
"menyenangkan" yang perlu dicatat bahwa sesungguhnya dalam keadaan seperti
ini, yang menjadi penting adalah "pemberian pendidikan yang bermakna bagi
AUD"
4. Parenting Kekeluargaan bersama Wali Murid di Masa Pandemi
Alhamdulillah kegiatan rapat wali murid sekaligus sebagai kegiatan rutin
Parenting di PAUD Terpadu Al-Mahrus berjalan dengan sukses dan lancar.
Sesuai dengan motto sekolah kami, "Sekolahku Rumahku", menjadikan kegiatan
parenting ini juga sebagai ajang saling mengenal antara wali murid dan guru
sehingga dapat semakin memaksimalkan proses Kegiatan Belajar dan Mengajar ke
depannya.
Kegiatan Rapat Wali Murid sekaligus Parenting ini tak lupa pula diawali
dengan proses pematuhan protokol kesehatan Covid-19. Di mulai dengan
kedatangan wali murid, diwajibkan dari rumah memakai masker (disediakan bagi
yang tidak memakai), cuci tangan dengan baik dan benar serta
pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area sekolah.
Kedatangan wali murid pun disambut dengan hangat dan ramah oleh guru-guru
yang bertugas kemudian diarahkan secara berkala sesuai metode physical
distanching ke ruangan yang sudah disediakan.
Di dalam ruang pun, metode physical distanching dipatuhi. Dengan menyediakan
tempat duduk yang berjarak minimal 1m antar wali murid dan tak lupa
selalu mengingatkan wali murid untuk menggunakan masker dengan baik dan
benar serta penggunaan Hand Sanitizer jika diperlukan.
Rapat diawali oleh Umi Rohimah dan dilanjutkan dengan sambutan dan
musyawarah oleh Abi Qudsi Amin selaku Kepala Sekolah. Diskusi
berlangsung hangat dan menyenangkan karena metode ra kami gunakan adalah
musyawarah untuk mufakat. Tanya jawab dan saling memberi masukan positif
antara wali murid dan pihak sekolah. Karena masukan positif dari wali murid
menjadi cambuk bagi pihak sekolah agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.
5. Tantangan dan Solusi pembelajaran di masa pandemi
Pada parenting kali lebih banyak menghasilkan kesepakatan -kesepakatan yang
akan dilaksanakan dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di masa
Pandemi
Pemerintah memberlakukan pembelajaran secara daring untuk memperlambat
penyebaran C-19 lembaga dan guru harus mengikuti kebijakan pemerintah
tersebut.Pola ini tentunya menuntut peran guru yang lebih kreatif dan
inovatif mengingat pada pelaksanaan daring ini ada beberapa
tantangan yang membutuhkan solusi.Berbagai respon positif banyak
disampaikan oleh para wali murid terkait pembelajaran daring. Namun
demikian pembelajaran daring memiliki tantangan baik dari sumber daya
manusianya, sarana prasarana dan teknik implementasinya.
Maka solusinya harus ada variasi dalam teknik untuk melaksanakan KBM
yang ada disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik.Contoh :
bagi yang terkendala dengan sambungan internet maka menggunakan cara
home visit.
Semoga kegiatan ini membawa kebaikan dan berkah bagi kita semua khususnya
yang telah menjadi bagian dari keluarga besar PAUD Terpadu Al-Mahrus,
Semoga dengan kemaksimalan berikhtiar dan ketotalan dalam berdoa akan
menjadikan Al-mahrus selalu terlindungi dan jaya. Amin
5 komentar:
Aamiin,Semoga langkah kita kedepannya mendapat ridho dari Allah SWT
Semoga ihtiar kita teriring Ridho Allah dan barokah utk semuanya....terutama utk anak didik kita....semoga mampu menjadikan pondasi iman, pengetahuan dan karakter yg positif....Amin...
Kegiatan ini sangat memotifasi kami khususnya TK Bhakti mandala,karna kami dpt belajar banyak dng yg disampaikan disini..sukses selalu Al mahrus jng bosan berbagi ilmu dng orang lain..good job
Siap.... Mari kita berbagi untuk maju bersama..
Semoga kedepannya Al-mahrus akan semakin maju. Amin
Posting Komentar